24 C
Banjarbaru
Jumat, Juni 14, 2024

Tak Mau Kena Tilang? Segera Urus SIM C1 untuk Motor 250-500 cc Anda!

Baca Juga

RADAR BANJARBARU, Jakarta – Kabar penting bagi para pengendara motor! Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk kendaraan roda dua dengan mesin 250-500 cc.

Penerbitan SIM C1 ini berdasarkan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

“SIM C1 merupakan amanat dari Perpol Nomor 5 Tahun 2021, dan hari ini kami baru bisa merealisasikannya setelah tiga tahun,” ujar Kepala Korlantas Polri Irjen (Pol) Aan Suhanan di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat pada Senin (27/05).

Aan menjelaskan, penundaan selama tiga tahun ini dilakukan untuk memastikan sistem dan regulasi terkait SIM jenis ini berjalan dengan baik.

BACA JUGA :  Perawatan Sepeda Motor Pasca Mudik Agar Performa Tetap Optimal

Adapun syarat untuk mendapatkan SIM ini, Aan mengungkapkan pengendara harus memenuhi beberapa syarat diantaranya memiliki SIM C minimal satu tahun, usia minimal 18 tahun, lulus ujian teori dan praktik kemudian ada toleransi satu tahun untuk pemilik kendaraan 250-500 cc.

Meskipun sudah resmi diberlakukan, Korlantas Polri tidak akan langsung melakukan razia atau penilangan bagi pengendara motor 250-500 cc yang belum memilikinya.

“Kami akan memberikan toleransi selama satu tahun,” ujar Aan.

Aan mengimbau kepada pemilik kendaraan 250-500 cc untuk segera mengurus SIM C1 demi keselamatan dan keamanan di jalan raya.

“Bagi pemilik kendaraan dengan mesin 250-500 cc, silakan membuat SIM-nya,” imbuh Aan. (red)

Facebook Comments Box
- Advertisement -spot_img

Silakan Baca

- Advertisement -spot_img

Terbaru