spot_img

Ini Logo Baru IKN dan Maknanya

RADAR BAJARBARU – Logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN) telah resmi diumumkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara di Jakarta pada Selasa lalu (30/5).

“Bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya luncurkan logo Ibu Kota Negara Nusantara,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Dengan memilih tema Pohon Hayat Nusantara atau Pohon Kehidupan Nusantara. Lalu makna apa yang disimbolkan dari logo karya Aulia akbar ini.

Terinpirasi oleh bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia. Sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah di ekologo kita.

5 akar melambangkan Pancasila, 7 batangnya mewakili pula besar dan 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi.

BACA JUGA :  Lestarikan Habitat Bekantan, Yayasan AHM Tanam Seribu Mangrove Rambai

Dalam peluncuran logo baru itu, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono melaporkan kepada Presiden bahwa pemilihan logo baru ini merupakan bentuk partisipasi publik dalam proses persiapan dan pembangunan IKN.

BACA JUGA :  Program Dosen Wajib Mengabdi: Workshop Penyusunan Rapor Kurikulum Merdeka Berbasis Microsoft Excel di Batola

“Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden untuk membangun rasa memiliki yang kuat terhadap ibu kota kita Nusantara sebagai refleksi dari sebuah kota yang dibangun secara gotong-royong oleh seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Kepala OIKN.

“Oleh sebab itu kami menggunakan # NusantaraKita karena kita adalah Nusantara,” lanjutnya.

Proses dimulai pada bulan September 2022, saat dilakukan pengumuman terbuka oleh Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI), selaku mitra OIKN dalam proses ini. Lebih dari 500 desainer ikut serta dalam pengumuman terbuka. Dari seluruh desainer yang mendaftar, Dewan Kurator ADGI telah mengkurasi 10 desainer untuk mengikuti proses pendesainan logo IKN.

BACA JUGA :  Dibuka 11 April Lalu, Ini Besaran per Provinsi Pelunasan Biaya Haji Reguler

Desain tersebut berdasarkan “koridor kuratorial” yang sudah disiapkan oleh Dewan Kurator, yaitu: semangat kebhinekaan namun dalam satu kesatuan, semangat kebersamaan dan rasa memiliki, serta semangat bahari atau maritim. (abe)

Facebook Comments Box

spot_img

Must Read

Related Articles

Facebook Comments Box