spot_img

Pebalap Binaan Astra Honda Siap Ukir Sejarah di GP Motocross 2023

Jakarta, RADAR BANJARBARU – Delvintor Alfarizi siap melakukan debut di ajang tertinggi balap sepeda motor off-road, FIM Motocross World Championship (MXGP) kelas MX2. Crosser muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) itu juga akan mengukir sejarah sebagai pebalap reguler motocross pertama dari Indonesia yang berlaga di MXGP (di luar wildcard).

Adel, sapaan Delvintor, akan turun pada 10 dari 19 putaran MX2 musim 2023. Perjuangannya di balap motocross dunia dimulai pada putaran ketiga, di Frauenfeld, Swiss, akhir pekan ini (8-10 April). Setelah itu, akan ada sembilan seri yang akan diikutinya, yakni di Italia, Portugal, Spanyol, Indonesia (Sumbawa dan Lombok), Republik Ceko, Belgia, Swedia, dan Belanda.

Ini bukanlah pengalaman pertama pebalap 22 tahun tersebut bersaing di MXGP. Pada 2019, dengan fasilitas wildcard, Adel turun pada dua putaran di seri Indonesia saat masih berusia 17 tahun. Begitu juga tahun lalu, saat diselenggarakannya GP motocross Indonesia yang berlangsung di Samota, Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA :  Kembali Dipercaya, PPAK LPPM ULM Asesmen Pejabat di Pemkab Pulang Pisau

Bersama Astra Honda Racing Team (AHRT) dan JM Racing, tim Eropa yang bermarkas di Belgia, Adel bergabung dengan tim JM Racing Astra Honda. JM Racing merupakan tim balap mumpuni milik juara dunia motocross tahun 1993, Jacky Martens. Pengalaman turun bersaing dengan para pebalap dunia dan tim yang matang, siap mengantarkan Adel membawa harum nama Indonesia di jalur off-road.

BACA JUGA :  AHM Siapkan 20 Kendaraan Listrik untuk Operasional KTT Presidensi G20

Peraih juara nasional motocross sebanyak tiga kali ini akan menghadapi tantangan baru. Berada jauh dari kampung halamannya di Jakarta, Adel menetap sementara di Belgia agar dapat fokus bersama dengan tim sejak beberapa waktu lalu.

”Kami memiliki lingkungan yang baik, dimana dapat berlatih di sirkuit pasir dan juga hard pack. Setiap hari saya terus meningkatkan diri baik di dalam maupun luar lintasan untuk mendapatkan kebugaran dan beradaptasi dengan kondisi Eropa. Trek di Swiss terlihat cukup bagus, memiliki basis hard pack yang cocok untuk saya. Saya sangat menantikan balapan GP Eropa pertama ini,” ujar Adel.

BACA JUGA :  Nama BPJS Kesehatan Dicatut, Masyarakat Dihimbau Waspada

Pembinaan balap berjenjang memang tak sebatas di trek aspal. AHM semakin serius membina bakat crosser muda di segmen motocross. Selain Delvintor, AHM mendukung Nuzul Ramzidan yang turun di National Motocross Championship kelas MX2. Tahun lalu, di ajang tersebut, Zidan mampu meraih gelar ketiga terbaik.

BACA JUGA :  Kupas Kunci Sukses UMKM Banjarmasin, JNE Gelar Ngajak Online Goll..Aborasi Bisnis Online 2022

”Pembinaan balap yang dilakukan perusahaan selalu berjenjang dan konsisten. Gelar juara nasional dan pengalaman Delvintor diperkuat dengan konsistensi serta strategi pembinaan yang tepat, diharapkan mampu mengantarkannya meraih prestasi di ajang kelas dunia, termasuk pebalap-pebalap muda Tanah Air lainnya untuk menjadi kebanggaan bangsa,” ujar Andy Wijaya, GM Marketing Planning & Analysis AHM.

Normalnya, MXGP akan digelar pada Minggu (9/4). Namun, karena hari tersebut bertepatan dengan hari libur besar di Eropa karena perayaan Paskah, maka balapan akan digelar Senin (10/4). Balapan pertama MX2 yang diikuti Adel akan berlangsung pada pukul 18:15 WIB, lalu kedua pada 21:10 WIB. (*)

Facebook Comments Box

spot_img

Must Read

Related Articles

Facebook Comments Box