24 C
Banjarbaru
Jumat, Juni 14, 2024

Tol Balikpapan-Samarinda, Menyusuri Jejak Tol Pertama di Kalimantan

Baca Juga

RADAR BANJARBARU – Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) merupakan sebuah jalan tol sepanjang 99,02 kilometer yang menghubungkan dua kota besar di Kalimantan Timur, Balikpapan dan Samarinda. Menjadi jalan tol pertama di Pulau Kalimantan, Balsam memainkan peran penting dalam konektivitas dan pembangunan wilayah, termasuk Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Pembangunan Jalan Tol Balsam dimulai pada tahun 2011 dan dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama didanai oleh APBD Provinsi Kalimantan Timur dan APBN, sedangkan tahap kedua melibatkan investor swasta melalui skema KPBU.

Pada tahap pertama (2011-2013), Seksi I (Balikpapan-Samboja) dan Seksi V (Balikpapan-Manggar) dibangun. Tahap kedua (2015-2018) meliputi pembangunan Seksi 01 (Balikpapan-Samboja) dan Seksi 5 (Samarinda-Palaran) dengan dana APBD dan APBN. Seksi II, III, dan IV (Samboja-Samarinda) dibangun oleh investor dan didanai dengan skema CPF.

BACA JUGA :  Wapres Ma'ruf Amin Resmi Buka MTQ Nasional ke-29 di Kiram Park

Jalan Tol Balsam diresmikan secara bertahap. Seksi II, III, dan IV diresmikan pada tahun 2019, sedangkan Seksi I dan V diresmikan pada tahun 2021.

Kehadiran Jalan Tol Balsam membawa banyak manfaat bagi masyarakat dan perekonomian di Kalimantan Timur. Tol ini mempersingkat waktu tempuh antara Balikpapan dan Samarinda dari 3-4 jam menjadi hanya 1-1,5 jam. Selain itu, tol ini juga meningkatkan konektivitas antar wilayah, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan membuka peluang investasi baru.

Jalan Tol Balsam menjadi simbol konektivitas dan kemajuan di Kalimantan Timur. Tol ini merupakan infrastruktur penting yang mendukung pembangunan IKN dan diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah tersebut.

Jalan Tol Balsam merupakan sebuah infrastruktur penting yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat dan perekonomian di Kalimantan Timur. Tol ini menjadi simbol konektivitas dan kemajuan di wilayah tersebut dan diharapkan dapat mendukung pembangunan IKN dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

BACA JUGA :  Dibuka 11 April Lalu, Ini Besaran per Provinsi Pelunasan Biaya Haji Reguler

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan tol pertama di Pulau Kalimantan. Seluruh seksi di ruas tersebut sudah rampung dan diresmikan.

“Ini menjadi momen bersejarah karena tol Balikpapan-Samarinda jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Ini capaian yang patut kami syukuri,” ungkap Jokowi dilansir dari CNN Indonesia saat Peresmian Ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja pada Selasa (24/8/2021) silam.

Informasi Tambahan:

Jalan Tol Balsam memiliki 5 seksi dengan total panjang 99,02 kilometer.
Tol ini dilengkapi dengan 23 Gerbang Tol (GT) dan 4 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).
Tarif Tol Balsam bervariasi tergantung jenis kendaraan dan golongan.
Jalan Tol Balsam dikelola oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS).

BACA JUGA :  Program Dosen Wajib Mengabdi, Pelatihan RME Hadirkan Gebrakan Baru dalam Pembelajaran Matematika

(red)

Facebook Comments Box
- Advertisement -spot_img

Silakan Baca

- Advertisement -spot_img

Terbaru